Papan Iklan, Sang Raksasa Pemasaran

Dimana saat ini Anda tinggal? Apakah di ibukota propinsi, kota besar, kota kecil atau mungkin di perdesaan? Bila tempat tinggal Anda saat ini termasuk kategori kota, entah besar atau kecil, Anda tentu pernah melihat Papan Reklame / Papan Iklan atau yang dalam istilah dunia periklanan disebut dengan Billboard.

Papan Iklan adalah sebuah media promosi berukuran relatif besar, yang dirancang dengan konstruksi khusus, sehingga ia tidak mudah rusak atau roboh karena paparan cuaca, baik itu panas terik maupun hujan deras yang disertai angin kencang. Rata-rata bentuknya adalah segi empat vertikal atau horizontal dengan ukuran bervariasi, mulai dari 4 x 8 m, 5 x 10 m, 6 x 12 m, 8 x 16 m atau bahkan yang lebih besar lagi, tergantung peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah atau Pemerintah Kota setempat. Ketinggiannya pun bervariasi tergantung lokasi dimana ia ditempatkan, mulai 6 m dari permukaan tanah hingga lebih dari 10 m, bila ingin terlihat dari jarak pandang yang lebih jauh.

Lokasi papan iklan umumnya berada di titik-titik yang strategis, seperti di dekat pertigaan atau perempatan jalan, di kiri atau kanan jalan protokol, di jembatan penyeberangan jalan dan sebagainya. Tak jarang kita melihat deretan papan reklame yang berdiri di sepanjang jalan protokol yang padat lalu lintasnya.

Mengapa papan iklan yang seolah-oleh seperti “raksasa-raksasa pemasaran” ini masih marak berdiri di berbagai kota, meskipun iklan-iklan online saat ini juga tak kalah gencar dan tak kalah efektifitasnya?…

Sederhana saja jawabannya. Karena setiap media promosi memiliki fungsi dan pemirsanya masing-masing. Ketika Anda sedang mengendarai mobil atau sepeda motor, apakah mungkin bersamaan dengan itu, Anda juga berfokus pada smartphone, tablet atau gadget Anda? Anda pasti membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain, bila Anda sampai nekat melakukannya. Disinilah fungsi atau peran media promosi luar ruang seperti papan iklan ini. Ia bisa melakukan komunikasi pemasaran kepada para pengendara mobil, motor atau pengguna jalan yang lain.

Sebagaimana spanduk dan vertical banner, papan iklan juga dikenai pajak reklame. Bahkan, karena ia termasuk kategori reklame permanen, pajak reklame yang harus dibayarkan adalah sepanjang 1 tahun masa tayang, tak peduli apakah ada visual iklan yang sedang tayang atau tidak. Meskipun demikian, para pemasang iklan masih bisa memanfaatkan papan iklan ini untuk komunikasi pemasaran sementara seperti 2 atau 3 bulan saja.

Copyright © 2009 – 2022 IndoMedia Promotion. All Rights Reserved.